Hi TS!

 

Terkadang ketika bekerja dengan Big Data atau kita ingin membuat model deep learning, kita terbentur oleh spek komputer kita yang tidak mampu menanggung workload. Kalau beli hardware baru… hem pastinya mahal…

Namun, jangan galau dulu TS! Google berbaik hati menyediakan layanan GPU spek tinggi gratis sebagai backend komputasi yang dapat digunakan hingga 12 jam, bernama Google Colaboratory atau Colab. Colab adalah tools berbasis cloud dengan media penyimpanan Google Drive yang coding environmentnya mirip dengan Jupyter Notebook.

Kita tidak hanya dapat mengolah kodingan kita namun juga dapat mengembangkan skill coding kita. Colab memfasilitasi kita untuk berkolaborasi dengan orang lain dengan berbagi coding atau mempelajari coding orang lain. Selain itu, Colab juga memfasilitasi untuk mengeksplor banyak hal termasuk bekerja dengan library deep learning seperti PyTorch, TensorFlow, Keras, dan OpenCV.

Untuk menggunakan Colab (membuat Notebook), terdapat dua cara:

  1. Kamu dapat mengunjungi tautan https://colab.research.google.com/
  2. Langsung lewat Google Drive

Jika mengunjungi tautan, maka akan langsung disuguhkan window seperti ini:

Untuk membuat notebook baru, klik ‘NEW PYTHON 3 NOTEBOOK’ berwarna biru di pojok bawah kanan (bisa juga Python 2) lalu kita akan dibawa ke halaman yang mirip dengan Jupyter Notebook dan setiap Notebook yang kita buat akan tersimpan di Google Drive.

Selain dengan tautan diatas, kita dapat mengunjungi langsung Google Drive. Bila kita belum memiliki ekstensi Colaboratory maka dapat ditambahkan dengan New > More > Connect more apps. Lalu tuliskan ‘Colab’ dan klik connect

Jika sudah terhubung maka, kita akan diarahkan ke tampilan awal Notebook.

Kita dapat mengganti nama Notebook kita dengan double klik “Untitled0.ipynb” tau dengan klik File > Rename

Setup GPU

Untuk menggunakan GPU yang disediakan dapat klik Edit > Notebook settings lalu memilih “GPU” pada bagian “Hardware accelerator”.

 

Menghubungkan dengan Google Drive

Kita dapat “mounting” Google Drive kita. Mounting adalah proses dimana sistem operasi membuat file dan direktori pada perangkat penyimpanan (seperti hard drive, CD-ROM, atau berbagi jaringan) tersedia bagi pengguna untuk diakses melalui sistem file komputer. Hal ini dilakukan karena Colab akan mereset notebook beserta semua temporary filenya maksimal 12 jam sekali dan akan lebih baik jika file kita tersimpan dengan rapi di Google Drive.

Jika sudah dijalakan, akan keluar sebuah link yang memberikan kode yang dapat dimasukkan.

Lalu run dengan Ctrl+Enter dan muncul daftar file di bagian kiri layar

 

Upload File/Open File

Jika kita tidak ingin menghubungkan Google Colab dengan Google Drive, terdapat beberapa cara lain untuk mengupload file ke dalam Colab.

  1. Upload file dari local fle system

Dapat menggunakan perintah berikut:

Lalu, akan muncul kotak dialog untuk mengupload file (disarankan untuk file yang kecil, jika file besar lebih disarankan menggunakan Google Drive)

  1. Upload file dari GitHub

Untuk membuka file dari GitHub, kamu dapat cloning repositorynya (mengkloning kode sumber tersebut kedalam Drive dan mengaksesnya melalui Notebook) atau fetch datanya secara langsung. Jika ingin mengakses file dari GitHub privat maka memerlukan akses token GitHub.

  1. Upload file dengan mengambil link

Menggunakan perintah !wget diikuti link dari file yang ingin diambil. Sebagai contoh:

Kita juga dapat mengambil file dari dalam file zip dengan perintah !wget dan !unzip. Sebagai contoh, kita ingin mengambil flower data dalam file zip dari Udacity:

Dan selanjutnya, cara paling praktis untuk mengupload file (disarankan file kecil) adalah dengan klik “UPLOAD” dalam tab Files di sebelah kiri layer

Install Package

Jika kita ingin menginstall package dalam Notebook maka digunakan perintah instalasi pip namun ditambahkan ! didepannya (!pip). Tanda ! berfungsi sebagai penanda bahwa perintah tersebut adalam command line. Tanda ini juga digunakan pada perintah lainnya seperti !wget yang sebelumnya dijelaskan berfungsi untuk mengupload atau membuka file dalam Notebook, !cp untuk mengcopy file, dan lain-lainnya.

Beberapa contoh:

 

Import Library

Untuk import library, menggunakan perintah import seperti biasanya.

Jika terdapat pesan error, maka kemungkinan package yang diimport belum terinstall, maka jangan lupa gunakan !pip install 😊

 

Mengubah tampilan dari Notebook

Kita dapat mengubah tampilan Notebook sesuai selera kita loh. Terdapat pilihan “night mode” yang membuat tema notebooknya menjadi gelap. Hal ini dapat dilakukan dengan Tools > Settings > Site

Atau kita dapat membuatnya menjadi lebih menarik lagi dengan memunculkan animasi anjing corgi atau kucing berjalan-jalan dalam tampilan Notebook kita dengan Tools > Settings > Miscellaneous

 

Demikian perkenalan dasar tentang Colab! Semoga membantu para TS untuk dapat mengolah data dengan lebih optimal yaa