Hai, selamat datang di tau-data!

Halaman ini akan menjelaskan tentang sistem pembelajaran tau-data dan bagaimana menggunakannya secara optimal. tau-data menawarkan berbagai hal menarik berikut kepada para penggunanya:

  1. Sistem eLearning tau-data diberikan secara cuma-cuma (gratis), pilar utama kami adalah keterbukaan ilmu (Open knowledge & Open Source).
  2. Tidak seperti kebanyakan lembaga pelatihan yang biasanya menyediakan paket pelatihan yang tidak sistematis/terarah, kami menyediakan kurikulum sebagai pemandu anda dalam belajar, sehingga anda mendapatkan petunjuk yang jelas tahapan dalam belajar ilmu data dengan baik. Kurikulum kami dinamis (secara berkala di diperbaharui) dan di dukung oleh para akademisi dan praktisi dari berbagai institusi ternama.
  3. Kami juga menyediakan resources lengkap dalam sistem eLearning kami: video pembelajaran, teks pembelajaran, referensi, codes, Forum diskusi, dan latihan soal!
  4. Tidak hanya gratis kami juga merencanakan akan menjalankan sistem “Earn while you learn” dengan cara memberikan berbagai hadiah (door prize) yang diberikan kepada pengguna, baik secara acak maupun dipilih berdasarkan aktifitas pengguna (terpantau melalui tau-points). Rencananya kami akan melakukan hal ini 2 kali dalam setahun. Kegiatan perdana program ini akan dilakukan di akhir tahun 2020. Silahkan subscribe agar tidak ketinggalan informasi terkini dari tau-data.
  5. Kami memahami kebutuhan yang berbeda dari masing-masing pengguna, oleh karena itu kami juga mengadakan paket pelatihan (training/workshop) konvensional sesuai permintaan atau menurut penawaran paket training yang kami sediakan. Dalam pelatihan tersebut kami hanya akan lebih memfokuskan pada diskusi dan latihan studi kasus, karena seluruh materi pembelajaran telah kami sediakan di sistem online tau-data (secara cuma-cuma). Alasan kami untuk tidak menyertakan studi kasus di sistem online adalah untuk menghindari kesalahpahaman interpretasi dan makna akibat limitasi pembelajaran digital.
  6. Kami menyediakan Forum yang dapat digunakan untuk mendalami pemahaman pengguna akan materi yang kami berikan di sistem kami melalui diskusi atau kolaborasi antar pengguna. Forum ini terhubung dengan setiap course (learning node) yang ada di sistem pembelajaran tau-data.

Bagaimana cara menggunakan sistem pembelajaran daring di tau-data?

  1. Video: video pembelajaran yang kami berikan disajikan dalam bentuk yang tidak formal. Video yang kami unggah ke youtube ini diperuntukkan untuk para pemula di topik yang sedang didiskusikan untuk mengenalkan dan memberi motivasi pengguna untuk belajar lebih lanjut. Kami menyediakan Playlist di youtube untuk memudahkan pengguna dalam memanfaatkan media pembelajaran video yang telah disiapkan. Agar diskusi terpusat dan dapat dikelola dengan lebih baik, kami menonaktifkan fitur komentar di youtube. Untuk semua diskusi kami sangat menyarankan pengguna menggunakan Forum yang telah disediakan.
  2. Teks Pembelajaran: Teks pembelajaran yang disediakan di tau-data disajikan secara tidak formal. Referensi dan analisa/teori dari topik yang dibahas akan diberikan untuk meningkatkan pemahaman pengguna akan materi yang disajikan. Sebagian besar bahasa pengantar di sistem kami adalah bahasa Indonesia, namun untuk meyakinkan konsistensi dalam pembelajaran merupakan kebijakan kami untuk tidak menerjemahkan berbagai istilah keilmuan (misal big data, machine learning, data science, dsb). Kami juga tidak memposisikan berbagai resources eLearning yang tersedia di sistem kami sebagai sumber referensi formal di dunia pendidikan.
  3. Codes: Kami menyediakan code pemrograman (Python/R) terkait pembelajaran online yang disajikan di tau-data. Seluruh codes ini bisa diakses/unduh secara gratis dari repository GitHub kami. Anda juga dapat menggunakan (serta mengembangkan) code yang diberikan untuk keperluan akademis dan-atau praktis (bagi industri) secara cuma-cuma (tanpa perlu izin terlebih dahulu). Silahkan membaca lebih lanjut kebijakan lisensi kami disini. Sebagaimana rekomendasi kami atas video youtube yang diberikan, kami juga tidak menyarankan pengguna untuk mempelajari codes yang diberikan langsung dari GitHub, namun menggunakan sistem pembelajaran kami untuk mendapatkan konteks yang tepat atas code yang diberikan.
  4. Latihan Soal: Latihan soal yang diberikan di sistem kami berupa pilihan tertutup. Mitra tau-data dapat meminta skor para mahasiswa/pegawainya untuk kebutuhan evaluasi internal.
  5. tau-points: Kami sedang melakukan uji coba sistem tau-points untuk memonitor dan memberikan penghargaan atas ketekunan pengguna dalam belajar dan-atau berkontribusi dalam pengembangan ilmu data di Indonesia. tau-points kelak akan digunakan sebagai salah satu dasar dalam program Earn While You Learn kami atau untuk unlocked topik eLearning tingkat lanjut yang ada di website tau-data. tau-points rencananya juga bisa digunakan seperti “voucher” untuk berbagai kegiatan langsung online/offline kami (misal seminar, workshop, FGD, atau Talkshow dengan tokoh).
  6. tau-Ranks: Kami menyiapkan sistem ranking profesi data di website kami. Pengguna yang aktif menggunakan sistem di tau-data akan mendapatkan tau-points dan mencapai berbagai rank yang disediakan (baca lebih lanjut disini).
tau-Rank
tau-Ranks
tau-Ranks_tau-scientist
tau-Scientist
tau-Ranks_Data_Guru
tau-Guru
tau-Ranks_Data_Engineer
Data Engineer
Data Scientist
tau-Rank_Data_Analyst
Data Analyst

Mengapa tau-data memberikan sistem pembelajaran daring secara cuma-cuma?

tau-data adalah sebuah perusahaan resmi yang terdaftar di sistem hukum yang berlaku di Indonesia (baca lebih lanjut disini). Walaupun tau-data terdaftar sebagai perusahaan komersil, namun misi utama kami adalah mengembangkan dan menyebarkan ilmu dan teknologi terkait data ke Indonesia. Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna dengan menggunakan enterprise class cloud server serta international CDN. Dana kegiatan yang digunakan tau-data berasal dari berbagai project/kegiatan yang dilakukan tau-data dengan mitra-mitra kami dari industri, pemerintahan, dan lembaga pendidikan. Sebagian besar dana ini kemudian kami gunakan untuk keberlangsungan sistem yang disajikan di tau-data. Agar kami dapat tetap memberikan pelayanan terbaik secara cuma-cuma jangan lupa untuk selalu support tau-data. Seluruh pengguna dapat mendukung visi serta keberlangsungan tau-data dengan cara yang sangat sederhana (baca lebih lanjut disini)

RoadMap (Kurikulum) kami adalah guideline anda.

Untuk meyakinkan anda dapat belajar dengan sistematis (bertahap) dan baik, kami telah menyiapkan sebuah sistem kurikulum terbaru menggunakan RoadMap (peta). Pada setiap nodes (pembelajaran/lesson) kami menyediakan informasi seperti gambar dibawah ini untuk membantu pengguna pada tahap ini pengguna berada dan ke arah mana pengguna bisa meneruskan petualangannya di tau-data.

Contoh diagram pemandu di setiap course/nodes.

Warranty/Garansi, Privacy Policy, Terms-of-service, dan Lisensi

  1. Mohon diperhatikan bahwa kami tidak memberikan jaminan maupun garansi dalam bentuk apapun terhadap berbagai code, materi, dan resources lainnya yang kami berikan di sistem daring eLearning tau-data dan repository terkaitnya. Para pengguna juga TIDAK DIPERKENANKAN untuk menyimpan berbagai informasi penting di sistem kami. Kehilangan berbagai informasi penting di sistem kami (termasuk tau-points dan rank) diluar tanggung jawab kami. Dengan menggunakan sistem tau-data berarti anda telah menyetujui semua ketentuan yang telah kami susun dan informasikan di beberapa halaman di website kami ini. Secara berkala kami juga akan terus memperbaharui berbagai ketentuan tersebut tanpa pemberitahuan lebih lanjut sebelumnya.
  2. Kami menghormati hak-cipta (copyright) dari berbagai sumber yang kami jadikan rujukan. Sebagaimana sebuah karya ilmiah yang baik kami akan memberikan tautan (sitasi) pada setiap rujukan (sumber informasi) yang kami gunakan. Jika kami luput atau kurang tepat dalam melakukannya, mohon untuk mengingatkan dengan menghubungi kami. Semua konten yang kami hasilkan di sistem tau-data berlisensi CCY BY 4.0 yang artinya anda dapat menggunakannya baik untuk kebutuhan akademis maupun komersil tanpa biaya apapun dan tanpa perlu meminta izin (hanya wajib menyertakan tautan). Baca lebih lanjut tentang lisensi kami disini.
  3. Pengguna tau-data juga wajib membaca Privacy-Policy dan Terms-of-Service yang kami tetapkan, dengan menggunakan sistem kami, maka pengguna telah setuju pada ketetapan yang telah diberikan.

Terakhir kami ingin mensitasi pernyataan berikut tentang Copyright Disclaimer (baca lebih lanjut disini):

Copyright Disclaimer Under Section 107 of the Copyright Act 1976, allowance is made for ‘fair use’ for purposes such as criticism, comment, news reporting, teaching, scholarship, and research. Fair use is a use permitted by copyright statute that might otherwise be infringing. Non-profit, educational or personal use tips the balance in favor of fair use’

1 thought on “tau-ReadMe”