S2 Data Science

Open Knowledge is Our Main Pillar Forums Others S2 Data Science

Viewing 1 reply thread
  • Author
    Posts
    • #6996
      Muhammad IqbalMuhammad Iqbal
      Participant

      Assalamualaikum wr wb,

      halo pak taufik, perkenalkan saya muhammad iqbal, saya pernah bertemu (menjadi peserta) dengan pak taufik saat pak taufik memberikan paparan singkat di Kantor Pusat DJP.

      saya sangat menyukai dan amat tertarik dengan hal-hal yang berbau data (utamanya menganalisis data agar dapat memberikan informasi), nha atas dasar tersebut mengingat perkembangan saat ini di mana Data Science adalah topik yang sangat hangat, saya berencana untuk mencari beasiswa dan meneruskan studi pasca sarjana dengan mengambil jurusan data science.

      Namun, setelah bertanya dengan beberapa rekan yang sudah mengambil jurusan tersebut, ternyata dibutuhkan kemampuan matematika yang “cukup” agar dapat menyelesaikan perkuliahan dengan “aman”, di mana kemampuan matematika saya amat buruk (saya dulu jurusan IPS saat SMA, dengan program S1 adalah Akuntansi)

      nah, berdasarkan hal-hal di atas, berikut adalah hal-hal yang ingin saya tanyakan pak taufik :

      1. berdasarkan pengalaman pak taufik, apakah matematika memang sangat penting dalam dunia Data Science?
      2. kemampuan matematika saya sangat buruk, bagaimana saya harus mulai memperbaiki kemampuan matematika saya? ada referensi buku atau apapun yang bisa saya gunakan untuk memperbaiki kemampuan matematika saya?

      3. sampai sejauh mana saya harus memperbaiki kemampuan matematika saya, karena jauh di dalam lubuk hati, saya punya mimpi untuk mendapatkan gelar Doktor dalam bidang data science..

      sekian pertanyaan saya pak taufik, semoga pak taufik berkenan untuk memberi masukan dan menjawabnya, terima kasih

    • #7000
      Taufik SutantoTaufik Sutanto
      Keymaster

      Wa’alaikumsalam Wr Wb,

      Maaf telat respons Pak ….
      [1]. Iya penting Pak, tapi bukan penurunan rumusnya. Bahkan dibanyak kasus perhitungan manual juga tidak perlu (untuk level praktisi/profesional).
      [2]. Yang terpenting adalah memahami logika rumus. Mulai dari rumus dasar terlebih dahulu. Supaya nanti ketika ketemu model jadi lebih mudah memahami logikanya. Coba saja simak beberapa bahasan di tau-data, pendekatan tau-data adalah logikanya, atau biasa disebut Mathematical/Statistical Thinking.
      [3]. Sejauh logika/filosofinya saja Pak. Agar tau why and what-if dari model Data Science.

      Cheers.

Viewing 1 reply thread
  • You must be logged in to reply to this topic.